Saturday 9 May 2015

Prinsip Kerja USB OTG (On The Go)

Prinsip Kerja USB OTG (On The Go) - Saat ini Smartphone telah mengalami banyak perubahan,salah satunya dalam hal konektifitas,misalnya saja Bluetooth,Wifi,HotKnot,danUSB.Masing masing telah mengalami perkembangan sebagai buktinya di tandai dengan perubahan Versi,semakin tinggi versi semakin tinggi / cepat pula kemampuan transfer data yang dilakukan.

Salah satu jenis konektivitas yang cukup tua adalah USB.USB adalah Universal Serial Bus bisa diartikan secara sederhana sebagai standart konektifitas perangkat perangkat komputer dengan jumlah jalur kabel lebih sederhana yakni 2 kabel power dan 2 kabel data yang dikemas dalam satu kemasan.

Namun Tahukah apakah USB OTG ???  USB  merupakan tambahan pada spesifikasi USB versi 2.0 untuk meningkatkan kemampuan piranti-piranti bergerak (Mobile) dan Perangkat Perangkat USB dengan menambahkan fungsionalitas host untuk koneksi Perangkat USB. Karena USB Standar hanya terdiri dari topologi Host- Perangkat ,artinya PC sebagai host dan perangkat relatif sekedar sebagai piranti bebal (dumb device), maka fitur baru ini memperbaharui teknologi USB standar untuk piranti bergerak. Fitur-fitur baru tersebut antara lain:
  • Sebuah standar baru untuk bentuk konektor dan kabel kecil USB 
  • Tambahan kemampuan host untuk memproduksi, yang selama ini dilakukan oleh periferal saja, untuk mengaktifkan koneksi P2P atau point-to-point 
  • Kemampuan sebagai host sekaligus sebagai perangkat (dual-role device) dan bisa di-switch secara dinamis. Kebutuhan daya yang rendah untuk memfasilitasi USB pada piranti-piranti yang menggunakan baterei.
Perhatikan perbedaan pengkabelan  pada USB regular dan USB OTG




Terlihat pada gambar diatas OTG  kabel memiliki jalur Sense yang terhubung dengan GND,sehingga inilah bisa menjadikan switch otomatis apakah perangkat mobile bertindak sebagai Host atau Perangkat

Catatan
Jika Anda pengguna perangkat mobile Android, tidak semua android support USB OTG, hal itu dikarenakan tidak semua kernel android support USB OTG, namun jika anda menggunakan kernel yang support OTG, maka anda dapat memanfaatkan USB OTG tersebut. Jadi kesimpulannya, USB OTG tidak bergantung pada type atau merk android anda, namun bergantung dari kernel android anda apakah support atau tidak.


Related Posts

Prinsip Kerja USB OTG (On The Go)
4/ 5
Oleh