Saturday 1 August 2015

Mengenal Jenis Jenis Lampu Disekitar Kita

Jiwa-elektro - Sejak pertama kali ditemukanya pembuatan lampu ratusan tahun silam.Perkembangan  teknologi perlampuan semakin beragam jenis didunia sehingga pengaplikasianya pun semakin luas dari untuk penerangan rumah ,jalan,kendaraan,kantor dan banyak lainya.

Dari banyaknya aneka lampu yang berada ditengah  masyarakat kita bisa membedakan secara garis besar sebagai berikut

1.Lampu Pijar (Bohlam)
Jenis lampu pertama ini ditemukan oleh Thomas Alfa Edison pada tahun 1879, lampu ini memakai filamen tungsten sejenis kawat pijar yang ditempatkan dalam ruang hampa bola kaca  yang diisi gas nitrogen, argon, kripton, hidrogen dan lainnya. lampu  ini membutuhkan daya yang lebih besar untuk menghasilkan kekuatan cahaya yang sama dengan lampu TL.

Usia pakai lampu pijar ini lebih pendek biasanya hanya bertahan 1000 jam atau setara 3 - 4 bulan pemakaian dengan rata rata untuk pemakaian 10 jam perhari, setelah itu anda di haruskan menggantinya.

Derajat suhu warna lampu pijar ini 2500 – 2700 K (Kelvin) dan warna yang dihasilkan adalah kuning.Lampu jenis  ini disukai karena warna yang dihasilkan yang berwarna kuning terasa hangat mungkin dulu jika malam udara lebih dingin dibandingkan sekarang Keunggulan lampu ini adalah harganya murah, namun usia pakai bertahan 3-4 bulanan

2.Lampu TL
Masyarakat lebih mengenal jenis lampu ini dengan nama lampu neon atau bisa disebut juga dengani LHE atau Lampu Hemat Energi.Bentuk lampu jenis ini pun bermacam macam, ada yang berbentuk Spiral,Panjang,Segitiga,Bulat, dan untuk yang Konvensional memiliki bentuk memanjang vertikal dengan dudukan lampu (fitting) yang mirip seperti lampu pijar umumnya.

Cara kerja lampu ini untuk menghasilkan cahaya adalah dengan mengirimkan lucutan elektris malalui media gas mulia yang terionisasi seperti neon,argon,kripton,xeon selain itu juga mengunakan gas pendukung lain seperti ,halida ,merkuri ,logam dan natrium

Lampu TL lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar, dan juga lebih terang. Untuk lampu TL branded memiliki usia pakai hingga 15.000 jam atau setara dengan 4 tahun pemakaian dengan rata -rata pemakian 10 jam perhari, dari sisi harga juga bisa sekitar 10x lampu pijar biasa. Sedangkan lampu TL yang berkualitas KW mungkin hanya bisa bertahan 4-6 bulan .

Bila punya rejeki, sangat disarankan membeli lampu TL dari produsen yang terkenal (branded) agar kualitas terjamin dan daya tahannya lebih lama.jenis lampu ini contohnya adalah lampu fluorcent,Lampu neon,Lampu Xenon Arc dan Mercury Vapor lamp.pilihan Warna cahaya lampu pijar diantaranya kuning (2’700 K – 3’000 K) netral (3’500 K – 4’500 K) putih (5’500 K – 6’500 K)

3.Lampu LED
Lampu LED adalah Lampu listrik yang menggunakan komponen dasar LED sebagai sumber utama cahayanya. LED sendiri termasuk komponen elektronika dari keluarga Dioda,dimana dapat memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan Tegangan maju.

Tipe LED ini punyai banyak sekali kelebihan seperti lebih hemat energi, lebih tahan lama dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti Merkuri.jika dilihat dari sisi Harga Lampu LED lebih mahal dibanding dengan Lampu Fluorescent dan Lampu Pijar

Lampu LED memiliki usia pakai  hingga 25.000 jam atau 2,5 kali lipat lebih tahan lama dari Lampu Fluorescent. Lampu LED ini lebih tahan lama hingga 25 kali lipat dibandingkan jenis lampu lainya seperti lampu pijar

Related Posts

Mengenal Jenis Jenis Lampu Disekitar Kita
4/ 5
Oleh