Friday 26 September 2014

Pengendalian High Power Led (HPL) Dengan Resistor

Pengendalian High Power Led (HPL) Dengan ResistorPenyediaan power supply pada High Power Led (HPL) dengan common Led pada dasarnya sama,penambahan resistor adalah salah satu cara men driver kebutuhan arus listrik sesuai  dengan spesifikasi teknis HPL.

High Power Led
High Power Led
Mari kita lihat terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan penggunaan resistor untuk mendriver keburutuhan power supply HPL

Sesuai dengan fungsinya, resistor adalah komponen elektronik yang berfungsi untuk menghambat arus listrik, dengan demikian arus yang melewatinya dapat kita atur berapa besarnya.,namun besar disipasi Pada Resistor juga perlu di perhatikan. dibawah ini akan di jelaskan lebih detail.

Di dalam rangkaian, resistor dipasangkan seri (bukan paralel) dengan HPL. Besarnya arus yang melewati resistor tersebut dapat kita hitung dengan  menggunakan rumus sesuai hukum ohm yaitu "Resistansi atau hambatan berbanding lurus tegangan yang diberikan dan berbanding terbalik dengan kuat arusnya.

 Resistansi(R) = Tegangan (V) / Kuat Arus (I)

Perlu diingat bahwa saat menggunakan resistor sebagai pengatur kuat arus listrik yang akan digunakan untuk menyalakan HPL adalah resistor harus dipasangkan seri dengan HPL.Lalu bagaimana dengan topologi rangkaian HPL paralel dan topologi kombinasi antara seri-paralel? Pada intinya adalah topologi paralel dan topologi kombinasi antara seri-paralel itu sama dalam hal perhitungan nilai resistor. Kita akan bahas persoalan ini setelah kita memahami terlebih dahulu menggunakan resistor dengan topologi seri. 

Contoh apabila kita mempunyai Power Supply Aki DC (V Driver) sebesar 6V, dan kita ingin mengalirkan listrik ke 1 Watt HPL dengan spesifikasi 

Forward Voltage (V f) = 3V dan
Continuous Current (I) = 700mA = 0,7A; untuk
selanjutnya kita sebut V f adalah V HPL, dan I adalah IHPL. Perhitungan untuk mencari nilai resistansi dari resistor-nya:

R = V / I
R = (V Driver – V HPL ) / IHPL
R = (6V – 3V) / 0,7A
R = 3 / 0,7A
R =  4.28 Ohm,atau yang tersedia di pasaran 4.3 Ohm (secara teoritis)

Disipasi Daya Pada Resistor
Disipasi Daya (P) = Voltase (V) x Kuat Arus (I)
Dimana satuan yang digunakan oleh Disipasi Daya
adalah Watt (W) .
Sehingga dalam contoh perhitungan di atas, maka kita
dapat menghitung:
P = V x I
P = (V Driver – V LED ) x IHPL
P = (6V – 3V) x 0,7A
P = 3V x 0,7A
P = 2.1 W
Dengan demikian kita dapat menggunakan resistor dengan kemampuan 2.1 W disarankan menggunakan 3 W . Bagaimana kalau kurang dari itu? Maka resistor akan panas dan kemudian rusak. Jika hal itu terjadi, maka kemungkinan bisa saja nilai resistansinya berubah (secara otomatis kuat arus listrik akan mengalir tanpa kendali) bahkan yang lebih fatal adalah terjadi kebakaran. Ya, tentunya kita sering melihat contoh perhitungan seperti di atas di banyak halaman di internet. Apakah ada yang salah? Tentu tidak, secara teoritis di atas kertas itu betul. Namun ada baiknya bila kita berkutat secara teoritis terlebih dahulu. Keadaan di atas adalah keadaan ideal, dalam arti
selama besarnya V Driver = 6V maka IHPL yang melewati HPL akan tetap bernilai 0,7A atau 330mA.Bagaimana jadinya apabila V HPL nilainya kurang atau lebih daripada 6V? Akankah HPL  juga akan tetap bernilai sama? Mari kita lihat perhitungannya di bawah ini.
Seandainya V Driver = 5V , maka:

I HPL = (V Driver – V HPL) / R
I HPL = (5V – 3V) / 4.3 Ohm
I HPL = 2 / 4.3 Ohm
I HPL = 0,2A = 465 mA
Seandainya V Driver = 6V , maka:
I HPL = (V Driver – V HPL) / R
I HPL = (6V – 3V) / 4.7 Ohm
I HPL = 3 / 4.3 Ohm
 I HPL = 0,3A = 697 mA

Dari perhitungan di atas, apabila IHPL = 465mA maka dapat disimpulkan bahwa nyala HPL akan jadi lebih redup; sedangkan apabila HPL = 697 mA maka nyala LED akan jadi lebih terang .

HPL  adalah komponen elektronik yang dikendalikan berdasarkan Kuat Arus, bukan Voltase! Itu yang harus ditanamkan baik-baik dalam benak kita saat berurusan dengan HPL
Dalam realitanya, yang harus kita perhatikan adalah
Continuous Current (I HPL ). Apabila spesifikasi dari pabrik menyebutkan nilai I HPL yang dibutuhkan adalah 700 mA yang perlu diingat lagi, saat diberikan Kuat Arus sebesar 700 mA  maka Voltase yang dibutuhkan HPL bukan lagi 3V melainkan mungkin 2,7-2,8V; hal ini tidak dapat dihitung secara teoritis melainkan harus dicoba ke dalam rangkaian menggunakan HPL yang akan kita pakai dan diukur secara langsung dengan menggunakan Voltmeter dan Amperemeter, atau Multimeter (biasanya gabungan antara Voltmeter, Amperemeter, dan Ohmeter). Rangkaian yang dimaksud adalah rangkaian  lebih baik menggunakan Variable Resistor agar lebih mudah dalam melakukan penyesuaian kuat arus yang dapat kita baca melalui Amperemeter dengan merubah-rubah nilai Variable Resistor dan Pastikan Juga kenaikan Arus tidak diikuti panas yang berlebihan,Sehingga LifeTime HPL menjadi lebih pendek

Related Posts

Pengendalian High Power Led (HPL) Dengan Resistor
4/ 5
Oleh

58 komentar

17 October 2015 at 05:25 delete

Ane punya 2 HPL, 5 watt, continuous current nya 1200 mA, VCC 12 V, terus ane kasih resistor 4.7 ohm sesuai perhitungan agar sampe 1200mA,tapi Kenapa resistor ane panas banget? Gak tahan 15 detik udah berasap. Sementara ane pake yg 220 ohm, nyalanya redup tapi resistor ane nggak panas. Biar labil gak redup gak panas ane harus pake berapa ohm?
Spesifikasinya HPL 2 buah 5 watt, continuous current 1200 mA, 3.3 V, VCC 12 V. Terima kasih

Reply
avatar
17 October 2015 at 10:55 delete

Anda perlu hitung juga dispasinya pada resistor ,jika mengikuti rumus tegangan yang digunakan 12 - 6.6 = 5.4
P = v x i
P = 5.4 x 1.2
= 6.48 watt ,silahkan beli resistor 5 ohm 10 watt ( resistor kapur )

Reply
avatar
17 October 2015 at 10:57 delete

Anda perlu hitung juga dispasinya pada resistor ,jika mengikuti rumus tegangan yang digunakan 12 - 6.6 = 5.4
P = v x i
P = 5.4 x 1.2
= 6.48 watt ,silahkan beli resistor 5 ohm 10 watt ( resistor kapur )

Reply
avatar
31 October 2015 at 11:47 delete

Saya punya HPL untuk lampu tembak/sorot,sebesar 30 w dan menggunaka driver. Yang ingin saya tanyakan kenapa lampu HPL nya redup dan ada yg mati, bahkan berkedip / fliker. Itu penyebabnya apa ya, resistor atau HPL nya sendiri yg rusak.

Reply
avatar
31 October 2015 at 11:50 delete

Saya punya HPL untuk lampu tembak/sorot,sebesar 30 w dan menggunaka driver. Yang ingin saya tanyakan kenapa lampu HPL nya redup dan ada yg mati, bahkan berkedip / fliker. Itu penyebabnya apa ya, resistor atau HPL nya sendiri yg rusak.

Reply
avatar
31 October 2015 at 19:01 delete

Kemungkinan besar kerusakan ada pada driver,kerena lampu masih nyala meskipun flicker ataupun redup.sedngkan driver sendiri ini fungsinya memberikan supply yang tepat baik arus ataupun tegangan ke HPL.resistor seperti rumus diatas tidak cocok untuk mengendalikan hpl dengan watt besar (diatas 10w)

Reply
avatar
1 November 2015 at 03:10 delete

Lalu kerusak yg paling sering di driver itu sendiri apa ya mas...yg paling rusaknya..

Reply
avatar
6 November 2015 at 06:06 delete

saya mau tanya saya ada led chip 10w plus driver saya pke d motor saya sambung d driver terang bgt tpi saya aplikasi bt lampu deket br gk terang bgt saya ksih lampu sein alhasil redup bgt biar gk bgtu redup kasih resistor brp w berapa ohm y

Reply
avatar
6 November 2015 at 16:07 delete

Kenapa harus dkasih resistor,justru tambah redup.sein redup karena konsumsi daya lebih besar dari kemampuan driver.harus tau dulu tegangan kerjanya berapa?

Reply
avatar
6 February 2016 at 04:02 delete

saya mau pasang HPL 10 watt di mobil saya dngn tegangan aki 12volt 65 ampere, kira2 saya kasih resistor ukuran berapa agar HPL awet ?.. trimss

Reply
avatar
19 February 2016 at 08:33 delete

assalamu'alaikum, saya ingin tanya pak.
saya kan punya lampu HPL LED 30 watt tegangan kerja lampu 34 dan arusnya 1,05A

terus lampu HPL nya saya redupkan dengan driver dimmer menggunakan pengaturan lebar pulsa.

dan sudah saya ukur pakai multimeter digital ternyata yang paling redup tegangannya menjadi 23V dan arusnya 0,11A. yang saya mau tanyakan kalau rumus daya P=V.I

berartikan daya paling redup lampu P=23V x 0.011A =2.53 watt
yang salah ini apanya ya pak, kog wattnya sampai segitu.. perhitungannya gimana? mohon solusinya ni email saya wisnuroy19@gmail.com

terimakasih

Reply
avatar
19 February 2016 at 13:25 delete

Wa'alikumsalam secara perhitungan memang seperti itu,besaran watt kemampuan alat mampu meredupkan sangat bergantung pada effisiensinya.sama halnya ketika anda membeli Lampu LED antara branded dan abal abal anda akan menemukan nyala terang yang berbeda meskipun dengan watt yang sama

Reply
avatar
19 February 2016 at 21:25 delete

gini pak ini yang paling terang sudah saya ukur V=28 DAN I=0.23A
kan spesifikasi watt nya mencapai 30Watt, nah cara perhitungannya bisa sampai segitu apakah menghitung efisiensinya dulu atau gimana?
dan kalaupun menghitung efisiensinya, rumusnya penyelesaiannya adakah? maaf bnyak tanya, baru mendalami tntang kinerja lampu

Reply
avatar
19 February 2016 at 21:29 delete

gimana penyelesain yang dari rumus hampir sama hasilnya dengan daya lampu HPL pada datasheet?
terimaskasih

Reply
avatar
20 February 2016 at 15:43 delete

Kecerahan cahaya harus diukur dengan alat ,ketika dua hpl berbeda kualitas kita hanya tahu berapa v dan i yang dibolehkan menurut data sheet.untuk effisiensi sangat bergantung pada kondisi lampu tersebut,idealnya mendekati hasil rumus ,seperti yang anda experimentkan bagaimana anda mengukur kecerahan dengan kendali lebar pulsa,,apakah dengan membandingkan dengan kendali biasa didapat kecerahan yang sama atau bahkan lebih baik.mungkin praktek yang bisa menjawabnya (tidak punya bahan praktek kendali lebar pulsa).saya sangat senang berdikusi,saya akan jawab sebisa mungkin

Reply
avatar
3 March 2016 at 06:10 delete

Gan sy mw tanya kalo misal hpl arusnya 300mA terus sy colok arus 2A masalah ga ya?

Reply
avatar
3 March 2016 at 06:12 delete

Gan sy mw tanya kalo misal hpl arusnya 300mA terus sy colok arus 2A masalah ga ya?

Reply
avatar
3 March 2016 at 06:23 delete

Tidak masalah yang penting besar nilai hambatan sudah disesuaikan dengan kebutuhan daya HPL.

Reply
avatar
3 March 2016 at 09:40 delete

Ohh gitu ya..
Iya gan masalah hambatan sy pakai adaptor 12vdc, sy cuma sesuaikan hpl 3.3v 300mA 3x1w tanpa hambatan lg.. Bisa ga?

Reply
avatar
3 March 2016 at 09:55 delete

Kalo misal sy pakai resistor, pakai yg 7 ohm.. Bener ga untuk projec sy di atas?

Reply
avatar
4 March 2016 at 00:04 delete

Kalo misal sy pakai resistor, pakai yg 7 ohm.. Bener ga untuk projec sy di atas?

Reply
avatar
4 March 2016 at 00:39 delete

Harus tau dulu bagaimana agan merangkainya,apakah seri atau pararel ?maka perhitunganya pun harus mengikuti,bagaiamana agan menghitungnya ?

Reply
avatar
6 March 2016 at 22:01 delete

Assalamu'alaikum bang
saya mau belajar bikin lampu led sendiri

spek output driver 22-36 v, 1500mA
spek hpl(3v 3mA) 1 watt x 20 titik

rangkaian 4serix5paralel
dgn r = (36-12)/3
r = 8 ohm

Pertanyaannya
1. Apakah itu rangkaian terbaik u/ led nya?
2. Apakah perhitungan resistornya sudah pas mengingat output driver 22-36 v (yg saya bingung current drivernya harus ambil nilai terendah atau tertinggi?)
3. Bagaimana penerapan resistor tersebut di dalam rangkaian ini? Apakah cuma butuh 1 resistor yg dirangkai diluar rangkaian seri hpl?

makasih bang

Reply
avatar
24 April 2016 at 17:50 delete

Bang Arif mau nanya nih
Kau Led HPL 3 what, 700 mA, 3,4-3,7 volt(Forward Voltage) kalau mau di kasih arus 12 volt (accu mobil) kira² resistornya berapa ohm dan what? Makasih bang

Reply
avatar
24 April 2016 at 17:57 delete

Update,Silahkan unduh applikasi elektrodroid,ntar hitung di applikasi "led resistor calculator"

Reply
avatar
24 April 2016 at 22:06 delete

Oh ya bang, udah saya hitung ketemunya 12 ohm 6,02 what.
Pertannya:
1). Ada ga resistor yg mempunya kapasitas tersebut?
2). Bisakah bila mana what tsb di naikan 1-2 what?
3). Apa yg terjadi pada led HPL trb, apakah terang/redup dan apakah led HPL cepat mati/putus.
Mohon pencerahanya bang, maklum baru pemula. Terima kasih.

Reply
avatar
24 April 2016 at 22:08 delete

Oh ya bang, udah saya hitung ketemunya 12 ohm 6,02 what.
Pertannya:
1). Ada ga resistor yg mempunya kapasitas tersebut?
2). Bisakah bila mana what tsb di naikan 1-2 what?
3). Apa yg terjadi pada led HPL trb, apakah terang/redup dan apakah led HPL cepat mati/putus.
Mohon pencerahanya bang, maklum baru pemula. Terima kasih.

Reply
avatar
25 April 2016 at 10:56 delete

1.ada,check posting sya sebelumnya " rumus hitungan seri dan pararel "
2.watt resistor semakin dinaikkan semakin bagus,watt besar tidak mudah panas ketika dilewati arus yang besara
3.terang/redup,dipengaruhi oleh besarnya supply baik arus atau tegangan

Reply
avatar
18 July 2016 at 06:50 delete

assalamualaikum......saya mauuu tnyaaa nihhh.......saya mempunyai lampu hpl 1 wat..dan mauuu di buat untuk lampu senter dan lampu pas listrik padam....... sya menggunakan... 2 powerrr...yg stu dari charger 5 volt..dan yg satunyaaa batrai bkas.3.7 vol...... dan daya resistorrr yg aman untuk menampung keduanyaaa berapa...

Reply
avatar
17 September 2016 at 11:30 delete

om saya mau tanya,
saya punya driver dc output nya 25-45v. I 900mA. mau pasang led hpl 3 watt. gimana om cara merangkai nya?makasih sebelum nya

Reply
avatar
17 September 2016 at 11:33 delete

om saya mau tanya,
saya punya driver dc output nya 25-45v. I 900mA. mau pasang led hpl 3 watt. gimana om cara merangkai nya?makasih sebelum nya

Reply
avatar
5 October 2016 at 10:21 delete

permisigan, ane bukan anak electro... saya ada beli LED Module yang 3 titik, saya membeli y 6 batang(saya tdak tau rangkayan seri/paraler), jadi total led y 18 led, saya menggunakan adaptor 12v dan 1500mA, begitu sayang hubungkan led dan adaptor hasilnya terang tetapi berkedip2 cepat, vaktor y apa ya, mohon saran y (urgen), apakah saya perlu tambah led y..?

Reply
avatar
7 December 2016 at 03:18 delete

Gan saya punya adaptor 12v 3a sama 12v 2a. Mu jadiin driver led.
Itu gmna caranya tau outnya berapa ma?

Reply
avatar
18 February 2017 at 23:25 delete

mau led berapa watt ?
1w ya cukup 3 led dan resistor 220 ohm

Reply
avatar
11 May 2017 at 03:51 delete

Rumus P yg benar it yang mana gan?
i ² x v atau i x v.

Reply
avatar
8 June 2017 at 05:00 delete

maaf pak. mohon saran saya ingin ngerakit lampu aquarium dengan total watt keseluruhan 180watt + fan dc 12v 6 buah. kira2 pakai adaptor brp ampere yaa?? led menggunakan hpl 3watt dengan spesifikasi:
Tegangan Input : 3.2 - 3.6V
Arus Input : 700mA
Warna : Biru (460 - 470nm)
Intensitas Cahaya : 80 - 100lm
Lebar Cahaya : 120-180 derajat

terima kasih.

Reply
avatar
8 June 2017 at 07:07 delete

Perhitungan yang mendekati dengan 180 / 3 = 60 pcs led
Untuk menyesuaikan dengan adaptor 12 v,maka perlu dirangkai menyesuaikan dengan seri pararel ,4 seri 15 pararel
0.7 x 15 = 10.5A ditanmbah kipas 0.5 x 6 = 3
Maka total kebutuhan supply 12v 13.5A.beli saja regulator jenis switching 12v 15A

Reply
avatar
20 August 2017 at 11:13 delete

Maaf kalau led hpl power supplaynya sdh pas atau sesuai tegangan VOLTASE dan MILI AMPERE nya apa masih harus menggunakan RESISTOR ???? TERIMA KASIH MAS ARIF

Reply
avatar
20 August 2017 at 11:16 delete

Bisakah lampu led hpl disupplay dgn PSU CT ..0-+ ...bgm caranya ???? Terima kasih

Reply
avatar
2 December 2017 at 08:34 delete

Maaf pak saya ikut tanya, saya pnya led I=300 mA apakah mampu dgn driver I=350 mA (seri).

Reply
avatar
26 December 2017 at 07:40 delete

Gan... Mau tanya resistor yang tepat buat hpl saya berapa ya dan rangkaiannya gimana...
Saya punya hpl 1w.. Dan saya punya 3pcs.. Vsumber 12 sd 14Volt & arusnya 45A..

Reply
avatar
18 March 2018 at 15:42 delete

Assalamu'alaikum
Om saya punya HPL 50 watt, mau pake di motor buat lampu sorot. Kira2 konsumsi dayanya berapa om kalo pake accu 12v. Apakah accu akan awet atau justru malah jadi cepet drop ?
Terima kasih

Reply
avatar
18 March 2018 at 15:56 delete

Ini spek HPL nya om :
Forward Voltage: 32 - 34 V DC
Current : 1500 mA


Ini drivernya :
Input Voltage : 12-24V AC/DC
Output Voltage : 28-36V DC (Boost/Step-Up)
Output Current : 1500mA +/- 5% (input 13.8V DC/5A)

Reply
avatar
25 March 2018 at 05:13 delete

Selamat malam. Maaf mas sblumnya saya orang yg sangat awam dalam bidang elektro.
Saya ada rencana buat lampu dengan hpl 3 watt 30 pcs, speknya ;

1. 10 pcs, 2,2 - 2,4 volt / 350 - 550 mA
2. 10 pcs, 3 - 3,4 volt / 350 - 550 mA
3. 10 pcs, 3 - 3,2 volt / 350 - 580 mA.

Apakah dengan rangkaian tersebut, bisa menggunakan adaptor output 24 volt/ 2.1 ampere ?

Terima kasih banyak mas

Reply
avatar
6 May 2018 at 08:00 delete

Ini gan,, saya mau tanya, saya kan punya lampu led hpl untuk aquascape, satu mata led nya 1 watt dan saya rangkai menjadi 40 watt, pertnyaan nya : kenapa lampu saya tiba2 menjadi kedap kedip sebagian nya ? ( monggo gan solusi nya)

Reply
avatar
11 July 2018 at 16:15 delete

Jadi kalau saya mau bikin lampu led hpl 120 watt, pake power supply ukuran berapa ya???

Reply
avatar
7 September 2018 at 11:40 delete

Izin tanya mas
Kalau misal led hpl 3 watt warna merah
Dg spesifikasi
Tegangan 2.0 - 2.5volt/led
Kalau di seri 3pcs itu pake resistor yg brapa watt brapa ohm suplai dari aki mobil sekitar 13volt. Trimakasih sebelumnya

Reply
avatar
7 September 2018 at 11:41 delete

Izin tanya mas
Kalau misal led hpl 3 watt warna merah
Dg spesifikasi
Tegangan 2.0 - 2.5volt/led
Kalau di seri 3pcs itu pake resistor yg brapa watt brapa ohm suplai dari aki mobil sekitar 13volt. Trimakasih sebelumnya

Reply
avatar
17 November 2019 at 23:55 delete

Led hpl saya supaya tidak cepat panas di kasih resistor berapa ohm kalau ke batrai 9 volt

Reply
avatar
18 November 2019 at 18:34 delete

Siang mas, maaf mau tanya seputar hpl.
Saya ada rencana mau bikin lampu untuk aquarium dng hpl 1waat sebanyak 100biji mengunakan power supply 12v 30amp.
Mohon bantuan untuk perhitungan tahananya dan cara merangkainy.
Sebelumnya saya ucapkan trimakasih

Reply
avatar
30 January 2021 at 04:46 delete

Assalamualaikum mas,saya punya hpl 10W dengan arus maksimal 3A,resistor yang harus saya pakai yang berapa ya kalau saya pakai baterai 3,7v
Terimakasih sebelumnya

Reply
avatar
31 January 2021 at 20:53 delete

Saya mau tanya,kalau HPL 15 watt bisa ga di gabung pakai LED modul 12 volt?
Saya pakai LED DRIVER 8-18 Watt,kalau bisa apa kah ada tambahan resistor juga

Reply
avatar
26 December 2021 at 16:14 delete

assalamu'alaikum..
senang sekali saya baca tulisan bapak.. dan bapak orangnya senang diskusi.. mudah2an bapak masih in charge di blog ini.. saya mau tanya sesuatu..
kemarin (26/12/2021) pesanan sy tiba berupa lampu led cob ac 50 watt buatan china.. mata lednya tunggal 2.5mm x 2.5 mm didalamnya ada titik2 sebanyak 8 x 9 buah.. disamping kanan ada 4 titik hitam kecil dan 4 titik hitam besar dan disamping kirinya ada 1 titik hitam kecil dan 2 titik hitam besar..
saya lapisi dg plat aluminium 1mm diameter 6 cm sesuai dimensi produk.. lalu saya coba nyalakan.. hanya kuat 5 menitan dan mati..
pertanyaan saya..
1. apakah heatsink begitu vital?
2. apakah diantara titik2 hitam itu ada r fuse untuk mencegah kerusakan fatal?
3. bagaimana cara ngetes komponennya yg dilapisi gel?
trimakasih sebelumnya pak..
semoga saya mendapat jawaban yg menggembirakan..
sehat selalu dan
wassalamu'alaikum..

Reply
avatar
26 December 2021 at 16:16 delete

ralat..
bukan 2.5mm tapi 25mm

Reply
avatar
19 November 2022 at 05:21 delete

Mohon bantuan hu kalau kita mau bikin led hpl 10 watt dengan tegangan 12 volt yang saya tanyakan berapakah resistor yang di butuhkan dan stabil tdk putus

Reply
avatar
1 May 2024 at 20:22 delete

Assalamu'alaikum gan, saya mau tanya nih saya punya lampu tembak untuk motor 10W, tp cepat panas, yg saya tanya kalo saya pke resistor kira2 pake resistor brp ohm ya biar gk cepat panas
Saya pake sumber arus aki 12v

Reply
avatar